Senin, 10 Juli 2017

Menghilangkan Panu dengan DAUN KEMANGI

Menghilangkan Panu dengan DAUN KEMANGI - Daun kemangi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, baunya yang khas sering digunakan sebagai rempah-rempah atau sebagai penambah cita rasa masakan khas indonesia. Daun kemangi juga sering digunakan oleh masyarakat sebagai lalap, bumbu untuk pepes dan dijadikan sambal untuk pelengkap ayam goreng.

Menghilangkan Panu dengan DAUN KEMANGI





Daun kemangi termasuk tanaman hibrida antar dua spesies, yaitu  Ocimum basilicum dan O americanum dan tingginya bisa mencapai 100cm. daun kemangi banyak tumbuh di Asia dan Amerika. Aroma khas daun kemangi berasal dari kandungan sitral yang tinggi yang ada pada daun serta bunganya. 

Selain untuk penambah cita rasa masakan, daun kemangi juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat yang bisa mengatasi berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa minyak atsiri  yang berkhasiat bagi tubuh, tidak hanya minyak atsiri daun kemangi juga mengandung : senyawa Anetol, senyawa 1-8 Sineol, zat Arigin, zat Flavonoid, boron, Stigmasterolnya, Eugenol, Betakaroten, Magnesium, zat triptofan, dan masih banyak zat-zat lainnya.

Tahukah kamu jiga daun kemangi bisa di gunakan sebagai tanaman obat untuk mengobati penyakit panu? Panau  atau panu (Tinea versicolor)  merupakan penyakit kulit yang sering dialami oleh semua kalangan yang disebabkan oleh jamur. Jamur yang menyebabkan panau adalah Candida albicans. Penyakit panau ditandai dengan bercak berwarna putih, merah, hingga cokelat yang terdapat pada kulit, disertai rasa gatal apalagi jika pada kulit yang memiliki keringat berlebih. Penyakit panu biasanya terdapat pada bagian kulit kepala,  leher, kaki, lipatan paha, lipatan lengan dan bagian tubuh yang banyak mengeluarkan keringat yang berlebih.

KHASIAT DAN MANFAAT DAUN KEMANGI :


Berikut adalah khasiat dan manfaat dari daun kemangi sebagai tanaman obat :

  • Mengobati Panu 
Caranya : Ambil segenggam daun kemangi kemudian cuci hingga bersih, kemudian haluskan dan beri sedikit air kapur sirih, selanjutnya balurkan pada bagian kulit yang terserang panau secara merata, sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.
  • Mengatasi keputihan
Kandungan senyawa eugenol yang terdapat dalam daun kemangi memiliki khasiat untuk mengatasi jamur penyebab keputihan. Maka dari itu bagi wanita yang mengalami keputihan bisa diatasi dengan mengkonsumsi daun kemangi segar setiap hari 
  •  Pencegahan komedo
Caranya mudah sekali, pertama ambil daun kemangi secukupnya lalu cuci hingga besih dan di haluskan. Balurkan daun kemangi yang halus itu ke wajah yang berkomedo secara merata. Diamkan selama 20 menit agar kandungan dalam daun kemangi meresap ke dalam kulit. Setelah itu cuci muka hingga bersih. lakukan 2x dalam satu minggu.
  • Melancarkan aliran darah
karena kandungan magnesium yang terdapat dalam kemangi membantu membuat pembuluh darah dan jantung menjadi rileks, dan aliran darah dalam tubuh akan tetap lancar.   

Itulah beberapa kandungan dan khasiat daun kemangi untuk mengobati penyakit kulit seperti panu ataupun berbagai penyakit kronis lainnya.

Menghilangkan Panu dengan DAUN KEMANGI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar