Minggu, 09 Juli 2017

Khasiat Daun Ketepeng Untuk Menghilangkan Panu

Khasiat Daun Ketepeng Untuk Menghilangkan Panu - Sebagian orang ada yang belum mengetahui manfaat tanaman yang tumbuh di sekitar kita bagi kesehatan tubuh. Beragam tanaman di indonesia banyak yang tumbuh subur yang bisa dimanfaatkan kandungan dan khasiatnya oleh masyarakat, Salah satunya adalah daun ketepeng yang banyak tumbuh di wilayah indonesia sebagai obat untuk menghilangkan panu.

Khasiat Daun Ketepeng Untuk Menghilangkan Panu

 
 

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang khasiat daun ketepeng untuk menghilangkan panu ada baiknya kita mengenal lebih dahulu apa itu daun ketepeng, ayo kita simak...:)

Daun ketepeng adalah tanaman yang termasuk kedalam kelompok perdu yang berasal dari daratan Amerika. Tanaman jenis ini hanya biasa hidup di daerah dengan suhu udara yang rendah dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut. Daun ketepeng miliki ukuran yang sangat besar dan berbentuk bulat seperti telur. selain itu beberapa orang menyebutnya dengan sebutan daun ketepeng cina (Cassia alata) atau dikenal juga dengan daun ketepeng kerbau yang sering digunakan untuk menghiasi taman atau halaman rumah.

Kandungan dan Khasiat Daun Ketepeng


Selain untuk mempercantik pekarangan rumah daun ketepeng juga dikenal memiliki manfaat lain untuk pengobatan karena zat yang terkandung didalamnya antara lain: Rein alone-emodina,Asam krisopanat,dan tannin.

Tahukah kamu apa penyebab penyakit panu? Bagaimana cara mengobatinya? penyakit panu sering disebabkan karena infeksi jamur. Penyakit ini sering ditemukan didaerah yang memiliki iklim tropis dan bersuhu lembab.

GEJALA PANU

Gejala penyakit ini ditandai dengan rasa gatal pada kulit, terlebih pada kulit yang banyak mengeluarkan keringat dan akan menimbul bercak-bercak pada kulit. Penyakit panu berwarna putih, merah, hingga cokelat. 

Panu biasanya ditemukan dibagian kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki. Penyakit panu dapat diobati menggunakan salep oles yang biasa dijual di apotek terdekat, tapi penyakit panu juga bisa diobati menggunakan tanaman yang tumbuh disekitar rumah kita lho, Salah satunya adalah dengan menggunakan daun ketepeng china.

Khasiat dari Daun Ketepng China dan Cara Pengobatannya :


Banyak khasiat dari daun keteng untuk pengobatan salah satunya adalah untuk mengobati penyakit panu. Caranya ambil segenggam daun ketepeng yang sudah dicuci bersih menggunakan air kemudian tambahkan 1 sendok kapur sirih kemudian kedua bahan tersebut tumbuk sampai halus lalu gosokan pada kulit yang terkena panu, lakukan 2 kali sehari. 

Selain untuk mengobati panu, Daun ketepeng juga bisa mengobati :
  • Mencegah sembelit. 
Caranya ambil 8 lembar daun ketepeng segar kemudian cuci hingga bersih lalu tambahkan 2 gelas air kemudian rubus hingga mendidih, setelah mendidih tuangkan rebusan daun ketepeng kedalam gelas lalu diminum
  • Mengobati sariawan. 
Caranya ambil 4 lembar daun ketepeng lalu cuci hingga bersih kemudian tambahkan garam secukupnya lalu kunyah daun tersebut dan telan airnya kemudian ampasnya dibuang.

Sekian artikel Khasiat Daun Ketepeng Untuk Menghilangkan Panu, Semoga bermanfaat bagi seluruh masyarakat yang membutuhkan. Lakukan pengobatan alami selagi banyak tumbuhan yang memiliki khasiat dan bereaksi secara cepat disekitar kita.

 Khasiat Daun Ketepeng Untuk Menghilangkan Panu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar